Anies Baswedan Cerita Sejarah Pertemuan Rakyat Di Monas

 Manggis,  02-12-2018 19:12:29

  

MANGGIS FM JAMBI – Gubernur Jakarta, Anies Rasyid Baswedan tampil memberikan sambutan dalam Reuni Akbar Mujahid 212 yang digelar pada minggu (2/12) dikawasan monas, Jakarta. Anies dengan kapasitasnya sebagai Gubernur Jakarta tersebut mengucapkan selamat datang kepada para mujahi dan mujahidah yang berasal dari berbagai penjuru Indonesia. Anies kemudian bercerita tentang sejarah sejumlah pertemuan besar yang pernah dilaksanakan dikawasan monas.

“Tempat ini memang dirancang untuk berkumpulnya rakyat. Pertama kali digunakan pertengahan September 1945. Ketika sebulan sebelumnya sekelompok orang yang jadi pemimpin bangsa memutuskan proklamasi, kekuatan kolonial meragukannya, mengecilkannya, dianggap ini hanya aspirasi sekelompok orang saja. Maka pada September [1945], ratusan ribu warga berkumpul di lapangan ini sebagai ikhtiar kemerdekaan untuk seluruh rakyat Indonesia” demikian cerita Anies.

Anies juga menekankan pentingnya menjaga persatuan dalam keberagaman.

“Saudara sekalian, kita semua yang hadir di sini punya tanggung jawab menjaga persatuan. Yang unik dari Indonesia bukan cuma keragamannya, yang unik adalah di tempat ini hadir persatuan bagi seluruh rakyat. Kalau keberagaman, negeri lain ada yang lebih beragam. Karena itu yang harus kita banggakan adalah persatuan. Kalau latar belakang masing-masing orang tak bisa diubah, sudah takdir, tapi kalau persatuan adalah hasil ikhtiar kita. Dan persatuan hanya bisa dihadirkan dengan keadilan. Insya Alah itu yang akan kita jalankan, mengembalikan rasa keadilan untuk semua”.

Terakhir, Gubernur pilihan masyarkat Jakarta itu juga berpesan agar tetap menjaga ketertiban dan kebersihan kawasan tersebut, dan terus menebarkan kebaikan kepada setiap orang.

“Biarkan mereka yang merasa aksi ini akan rusuh kecewa karena yang datang mendatangkan ketertiban dan kedamaian. Bukan cuma di kawasan Monas. Siapa pun yang ditemui, berikan salam, kirimkan senyum, dan tunjukkan hadirin di Monas memancarkan kedamaian untuk semua. Insya Allah itu akan menguatkan pesan bahwa yang datang ke sini adalah yang memperjuangkan persatuan, perdamaian, dan keadilan di negeri ini”. Tutup Anies. (MR)

Tags: , , ,

Komentar

Counting


LATEST TUNE-IN